Etika Komunikasi Bisnis
Berbicara
tentang etika komunikasi bisnis, maka kita tidak akan lepas dari bahasan
tentang etika komunikasi dan etika bisnis; dimana masing-masing bidang memiliki
penjelasan tersendiri. Etika komunikasi dapat dikatakan sebagai serangkaian
prinsip dasar atau aturan dalam melakukan komunikasi, yang mencakup seluruh
komponen proses komunikasi. Sedangkan yang dimaksud dengan etika bisnis adalah
cara-cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang
berkaitan dengan individu, perusahaan, industri dan juga masyarakat. Sedangkan
etika itu sendiri berasal dari bahasa Latin, berarti falsafah moral dan
merupakan cara hidup yang benar dilihat dari sudut budaya, susila dan agama. Bentuk
akibat penyimpangan etika bisnis internal perusahaan antara lain terjadinya
ketegangan diametris hubungan atasan dengan bawahan. Hal ini terjadi karena
ketimpangan antara lain dalam proses penilaian kinerja, standar penilaian, dan
perbedaan persepsi atasan-bawahan tentang hasil penilaian kinerja. Selain itu
ukuran atau standar tentang karir sering tidak jelas. Dalam hal ini pihak
manajemen memberlakukan tindakan yang tidak adil. Mereka menetapkan nilai
sikap, gaya hubungan kepada atasan, dan loyalitas kepada atasan yang tinggi
lebih besar ketimbang nilai kinerja faktual.
Komunikasi Bisnis
karyawannya. Kasus lainnya adalah diterapkannya model nepotisme dalam
penseleksian karyawan baru. Pertimbangan-pertimbangan rasional diabaikan.
Termasuk dalam proses rekrutmen internal. Jelas saja mereka yang potensial
tersisihkan. Pada gilirannya akan terjadi kekecewaan karyawan yang unggul dan
kemudian keluar dari perusahaan. Dari hal-hal yang terjadi di atas maka tampak
pihak perusahaan lebih mengutamakan kepentingan meraih keuntungan ketimbangan
menciptakan kepentingan karyawan secara adil.
Etika Komunikasi , Etika Komunikasi Yang Baik Antara Sesama Manusia Dan
Teknik-Teknik Komunikasi Yang Baik. Etika komunikasi Etika komunikasi dapat
dikatakan sebagai serangkaian prinsip dasar atau aturan dalam melakukan
komunikasi, yang mencakup seluruh komponen proses komunikasi. Sebab itu
Komunikasi sering kali menjadi masalah karena tidak nyambung dalam penyampaian.
Mungkin setiap kata sudah terpikirkan dan diucapkan dengan jelas, namun pasti
ada saja yang menjadi hambatan. Komunikasi menjadi sebuah seni, membutuhkan
rasa dan tingkat keilmuan yang tinggi. Dalam berkomunikasi tidak sembarang
mengucap, mendengar dan yang menghasilkan bunyi. Jika salah bicara, maka orang
yang kita ajak bicara bisa sensitif dan bisa menjadi masalah. Dalam
berkomunikasi ada etika seperti dalam bahasa inggris, yaitu 5W+1H yaitu sebagai
berikut : a) Who (siapa) Mengetahui siapa yang diajak bicara, seperti pandangan
mata agar kita menghargai lawan bicara. b) What (apa) Lawan bicara harus tau
apa yang sedang dibicarakan, karena jika tidak mengetahui apa yang dibicarakan
pasti membuat kita merasa jengkel. c) Where (dimana) Berkomunikasi harus tahu
tempat, jika saja berbicara pendapat tentang sesuatu yang tidak disukai, maka
bisa saja orang sekitar kita merasa tidak suka dengan pendapat kita. d) When
(kapan) Tidak mudah untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk
berkomunikasi. e) Why (mengapa) Pertanyaan ini agar fokus dengan tujuan
pembicaraan. f) How (bagaimana) Cara kita berkomunikasi dengan penyampaian yang
jelas. Jika kita salah penyampaian, jadi salah juga kita dalam beretika
komunikasi. Etika Komunikasi Yang Baik Antara Sesama Manusia Selain hal-hal
komunikasi yang baik diatas adapun beberapa etika dan etiket dalam
berkomunikasi antar manusia dalam kehidupan sehari-hari yaitu sebagai berikut :
Ø Jujur tidak
berbohong
Ø Bersikap
Dewasa tidak kekanak-kanakan
Ø Lapang dada
dalam berkomunikasi
Ø Menggunakan panggilan / sebutan orang yang
baik
Ø Menggunakan
pesan bahasa yang efektif dan efisien
Ø Tidak mudah
emosi / emosional
Ø Berinisiatif
sebagai pembuka dialog
Ø Berbahasa
yang baik, ramah dan sopan
Ø Menggunakan
pakaian yang pantas sesuai keadaan
Ø Bertingkahlaku
yang baik
Contoh
Teknik komunikasi yang baik adalah menggunakan kata dan kalimat yang baik
menyesuaikan dengan lingkungan Gunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh lawan
bicara Menatap mata lawan bicara dengan lembut Memberikan ekspresi wajah yang
ramah dan murah senyum Gunakan gerakan tubuh / gesture yang sopan dan wajar
Bertingkah laku yang baik dan ramah terhadap lawan bicara Memakai pakaian yang
rapi, menutup aurat dan sesuai sikon Tidak mudah terpancing emosi lawan bicara
Menerima segala perbedaan pendapat atau perselisihan yang terjadi Mampu
menempatkan diri dan menyesuaikan gaya komunikasi sesuai dengan karakteristik
lawan bicara. Menggunakan volume, nada, intonasi suara serta kecepatan bicara
yang baik.
Komunikasi
Bisnis Menggunakan komunikasi non verbal yang baik sesuai budaya yang berlaku
seperti berjabat tangan, merunduk, hormat, ces, cipika cipiki (cium pipi kanan
- cium pipi kiri) dan lain sebagainya.
Faktor-Faktor Penyebab Penyimpangan Dan
Penyelesaian Terhadap Penyimpangan-Penyimpangan Yang Dilakukan Oleh
Pelaku-Pelaku Ekonomi, Yang Berkaitan Dengan Pasar Modal Dan Etika Komunikasi
Bisnis 1. Faktor-Faktor Penyebab Penyimpangan Etika komunikasi dalam berbisnis
mencakup tatanan nilai moral dan standarstandar perilaku yang harus dihadapi
oleh para pelaku bisnis sewaktu mereka membuat keputusan dan memecahkan
masalah. Akan tetapi, menentukan apa yang etis atau pantas bukanlah hal yang
selalu mudah dilakukan bagi perusahaan sebagai perilaku bisnis. Jika bersikap
kurang etis dapat merusak reputasi perusahaan, oleh karena itu penting bagi
perusahaan untuk menjalankan kode etik secara wajar dan konsisten. Kode etik
adalah pernyataan tertulis mengenai standar perilaku dan prinsipprinsip etis
yang diharapkan perusahaan dari karyawan. Etika bisnis tidak terbatas hanya
mengetengahkan kaidah-kaidah berbisnis yang baik (standar moral) dalam
pengertian transaksi jual beli produk saja. Etika juga menyangkut kaidah yang
terkait dengan hubungan manajemen dan karyawan. Yang paling nyata terlihat
adalah terjadinya konflik atasan dan bawahan. Hal ini timbul antara lain akibat
ketidakadilan dalam penilaian kinerja, manajemen karir, manajemen kompensasi,
dan sistem pengawasan dan pengembangan SDM yang diskriminatif.
pada dasarnya segala sesuatu itu memang harus ada etikanya...
BalasHapushttp://tokoonlineobat.com/obat-penyakit-glaukoma-alami/
Trima kasih artikel nya ini sangat membantu saya
BalasHapusTerimakasih
BalasHapusthanks buat ka della, makasih banyak ya ka sukses deh buat ka della.
BalasHapusMasukkan komentar Anda...minta sumber bacaannya dong
BalasHapusFon perde modelleri
BalasHapusMobil onay
mobil ödeme bozdurma
nft nasıl alınır
ankara evden eve nakliyat
trafik sigortası
dedektör
web sitesi kurma
aşk kitapları
abc
BalasHapusdeme23
BalasHapusizi pizi
BalasHapusegeyebasanomer
BalasHapusferidegeride
BalasHapusdenemelikferide2
BalasHapusasdada
BalasHapus